Tuesday, 17 January 2012

Pekerjaan Tersulit dan Berat tapi Mulia

17.01.2012

Assalamu'alaikum ^__^v
Mentarii Pagi tersenyum cerah eii..
Beeuuhh.. Panas :D :D :D

Kalii ini siskaa lagi ingiin membahas tentang salah satu Profesi kerja,,
Pekerjaan yang sangat sulit dan berat untuk dikerjakan,, Tapii begitu Mulia..??
Bagi siskaa siee ^__^ (gak tau pendapat sobat semua )

Menurut siskaa,,
Profesi itu Bukanlah menjadi seorang Guru,, Pilot,,
Tentara,, Pengacara atau lainnya..
Tapii melainkan menjadii seorang Pekerja Rumah Tangga.. 
Ia lhaa “Ibu Rumah Tangga dan Pembantu Rumah Tangga
Itu lah Pekerjaan yang berat,, sulit dan butuh tenaga yang Extra..!!!
Karena tidak lah mudah mengurus Rumah Tangga,,
Pekerjaan yang kata orang itu Ringan,, tapi sesungguhnya
Beraaaaaaaaaaaattt di kerjakan ,,
Di mulai di Pagi Hari dan di tutup di malam  hari (Jam tidur)

Curhat Mode.on 
Ayoo sobat bayangiin saja..
Bagii kita kaum Hawa,, yang memang belum menikah
Pasti belum pernah berfikir (apalagi melakukan pekerjaan ini..)
Apalagii para kaum adam.. (bayangiin na z gak kan pernah :P :P :P))
Karena siskaa sendiri tidak pernah berfikir begitu.. ha ha haa :D :D

Ketika dulu sekolah,, hanya urusan luar rumah yang siskaa pikirin
(Sekolah,, Eskul,, kegiatan sosial anak Rohis atau bermain, kumpul dengan teman, atau lainnya..)
Atau ketika kerja hanya kegiatan kantor yang digelutii (tugas kantor,, laporan harus segera dikerjakan,, presentasi dengan PT. Ini itu,, Bahan Rapat buat besok,, dll..)
Sedikit pon tak terpikir di rumah seperti apa :D :D
Ketika Pulaang langsung melempar (tas,, lepas sepatu,, ganti baju,, trus istirahat,, bangun cari makan di dapur :D :D )
Saat mau makan pun lihat makanan jadi mengeluh.. (lhoo,, koq Cuma ini lauk nya.. tempe goreng dan ikan goreng.. #menggerutu.. marah.. kalau cape keluar lanjut tetap dimakan.. kalau gak cari makan diluar :P :P wkwkwkwk..)
Waktu libur pon di lakukan untuk Istirahat..
(jalan keluar,, atau tidur seharian ;p )
Paraah.. wkwkwkwkkkk... =))

Hmmm... fiiiuuuhhhhh... 
Suatu harii..
Mama siskaa memutuskan untuk pergi mengunjungii keluarganya di luar kota,,
Tapii tak satu pon adik2 yang ikut (suasana sekolah..)
Parahnya papa pon gak ikutan pergii..
Alhasil tugas Rumah tangga selama 2 hari
Dibebankan ke siska (secara anak perempuan pertama..dan emang gak pernah pake jasa orang laiin)
Puyeeng.. tujuh keliling rasanya =))
Gimana nggak kalau mengurus diri sendirrii pasti sanggup lhaa
ini,, 4 orang adikku dan ayahku pulaa..
ditambah tugas laiin nya.. wkwkwkwk
tapi tetap kujalani,, toh si mama tetap jadi berangkat =))
tapii itu seharusnya hari libur ku..  
(#catatan..siskaa sampe ditinggalin jatah uang belanjaan selama 2 hari.. dan lainnya.. fiiiuuuhhhh...)
Yang kupikir saat itu,,
Gampanglah,, kecil.. 2 harii juga.. gak lama koq..
Apa susahnya urusiin rumah kecil gini..
Mama saja bisaa.. koq siskaa nggak.??
Turutiin  step by step  kegiatan sie mama tiap harii =))
wkwkwkk... sombooong :P :P

Dimulai pagi hari,,
Bangun pagii,, shalat subuh, bergegas ke dapur..
Tugas pertamaku, Menyiapkan sarapan pagi buat Papa dan adik-adikku
Masak apa yang kubisa “Nasi Goreng”..
Minum na Kopi buat sie Papa,, susu buat adek ku, dan teh buat diriku :D
(gak mau ketinggalan sarapan pagi..)
Hmm.. keliatan na gampang yaa =))
Tapii pas di praktekin  :D :D
Gak tau gula letak na dimana,, garam dimana,, kopi papa takaran nya gimana,, yang paling penting nasi na habiss.. terpaksaa masak nasi dolo.. masak nasi beras na berapa banyak yaa....  ckckckck
Rempoong deh di dapur :D :D
#cttan : keluarga siskaa di biasain sarapan sebelum beraktifitas.. biar gak kelaparan di pagi hari.. :D

Ini harus di siapin sebelum serdadu makan (sbutan buat anggota rumah yang laiinya) sarapan pagii itu berartii sebelom jam setengah 7 teeng..
Lhaa sekarang jam 5 lewat 10 menit.. haruuss nggeebuuuttt :D
Selesaii nyiapiin semua na dengan perasaan bangga udah di hidangiin diatas meja
persiis kayak punya mama niee.. nasi goreng.. telur dadar.. minuman masing2 dha ada.. yes berhasiil.. sekrang jm 6.05.. masie ada waktu bnyak.. (walau dapur berantakan Habiis...)
sampe akhirnya tersadar,,, Astagaa.. baju kantor papa dan baju sekolah adek2 ku lom disiapin..
dan yang paling parah adek2 ku blom pada banguun.. kacaauuu :D
stelah mereka bangun pon penderitaanku lom berakhir..
satu teriakk.. ayugg liat dasi dedek nggak... ayukkkk... ikat pinggang ku mana.. ayuukkk... kaos kaki mana... ckckckckk... (koq mamaku sabar bngeet yaa kayak gini.. kepala ku baru pagi ini dha puyeng mau pecah rasanya.. wkwkwkk..)
#cttn : biasana tiap pagii juga selalu teriak gini.. mama bros siskaa yang kupu2 disini mana yaa.. jilbab pink ku mana.. jaket coklat kemaren mana.. (jadii befikir astagaa diriku pon begithu
L,, maaf ya mama)

Pas sarapan pon tak luput dari kesalahan ternyata eii..
ayuug mana kerupuk na,, ayuugg susu na gak maniis,, dedek kan gak suka telur dadar mau telur goreng yang kuning na gak pecah.. astagaa... baru ingat selera mereka emang pada beda.. gak sama kayak diriku :D
terus aku bilang z “udahh makan z yang ada,, besok baru dibuatiin..”
sie dedek jawab.. “gak kayak mama..”
#cttn : Astagaa.. emang bener selama ini mama selalu masak yang kami mau,, tapi gak pernah sekali pon siska  liat dia makan sesuatu yang ia mau

Setelah sarapan pon,, mereka kembali berulah mintaa uang jajan lhaa,, minta duid tambahan mau sumbangan hari jumat lha,, mau beli buku kosong baru lha,, ckckck
Rempoong beneer mau sekolaah siee :@ siskaa kasie z berapa pon yang mereka mintaa.. dari pada tambah pusing.!!! Melebihi jatah harian mereka.. (lupa pesan na mama padahal mereka sekolah harus dikasie uang jajan seperlunya saja 3000,- biasa nya supaya mereka nggak jajan sembarangan disekolah.. tapi tadi mereka aku kasie 5000 semua J)
Dan merekaa pon pada pergii sekolah.. :D amaaaannnn..... =))

Tinggal papa yang belom berangkat kerja niee...
Masie duduk di ruang tamu sambil ngopii.. hehehee..
Jam 8 teng sie papa pamiit berangkat kerja..
Saat itu aku masie duduk di depan TV kecapean sibukk yang tadii (baru gthu udah ngeluh eii..)
Sebeloom pergii papa sempet tanya,,
Mama udah ninggaliin uang belanja kan.??
Intina,, siskaa di ingetiin untuk belanja harian...
Gubraaaaaaaaaakkkk..!!!!
Neraka ini,, secara seumur hidup gak pernah belanja ke pasar pagii =))
“udah pa,,” kataku..
Papa pon beranjak pergii,, tapi sebelom bener2 keluar ia mengatakan sesuatu..
“lain kali buat kopi na jangan manis ya,, papa lebie suka agak pahit dikit..” sambiil tersenyum dan pamit kerjaa..
Ho ho hoo.. ternyata takaran kopi salah total eii,, baru tau kalau papa lebie suka kopi pahit setelah sekian tahun lama nyaa =)) (tauu na minta duid z niee siska.. wkwkkkk..)

Tugas kedua,, ini yang paling sulit eii..
Belanja plus mikir mau masak apa hari ini 
Uang dikasie nyokap Cuma 100.000 dan ini untuk 2 hari belanja plus kebutuhan sehari-hari lainnya :D (tadinya protes berat ke mama.. Uang segthu mana cukup lhaa.. tapi mama bilang cukup bahkan lebih.. )
100.000 udah di potong duid jajan kurcaci2 tadi 20.000 sisa ditangan 80.000
Bawa uang semua na pergi ke pasar pagii belakang rumah aahhh..
Sampe sana bingung mau beli apa =))
Akhiirnya,, belii apa z yang dilihat enak.. ckckckck..
Total pas pulang 60.000,, (thuu kan ma,, hari ini z dha mau habiis ini uang.. 100.000 mana cukup kalii.. payahh niee.. untung siskaa punya uang sendiri..)
Bongkar barang belanjaan..
Lhoo koq ada terong.. kan gak ada yang suka ini..
Gara2 murah jadii beli (padahal yang suka ini Cuma sie mama.. ckckk)
Lanjuut,,, waaah kebanyakan beli kecamba na,, waahh,, ini apa yaa,, addooh ini koq di beli juga,, ckckckckk.. ternyataa eh ternyataaa... siskaa malah beli barang yang seharusnya gak perlu L alias yang gak niaat ku masaak eii...  apa lagii ternyata ada beberapa bahan udah ada di rumah malah dibeli lagi.. total seharusnya kalau ku beli barang yang seperlunya paling habis 30 atau 35 ribuu 
#cttn : ternyata mama ituu ahli keuangan yang terbaiik,, tau yang mana yang wajib dan perlu.. gak kayak siska yang penting gak musing-in kepala,, hohohoo

Jam 9 lewat 55 saat aku lanjut ke Tugas ku yang ke3.. masak..
(pesan mama,, dasar na papa gak pernah milih masakan apa.. tapi asal ada kuah sama sayur itu yang wajib ada,, buat adek2 jangan terlalu pedas dan yugcik ikan na jangan dimasak kuah gak suka dan sie kakak makan apa z boleh asal ada sambal..)
Banyakk mauu na niee merekaa 
Ku putusin hari itu siskaa masak ikan goreng saus pedas manis,, sambal goreng tumis,, sambal tempe campur,, sayur na dimasak bening z :D :D
(waktuu ini siskaa belom bisa bener masak na,, palingg dolo sekali2 bantuin si mama sekali2 =)) )
Tapii masak na nyambil nyelesaiin tugas ke4  beres2in rumah,, mulai dari nyapu  rumah,, lap-lap kaca,, sambil ngpel juga :D :D ngberesiin kamar ortu,, adek,, dan pastinya kamarku sendiri.. (untuk tugas ke4 ini,, separuhnya siskaa dibantu sie kakak (panggilan adek cowok ku yang paling gede..)  kasiaan kali ngliat eikee kerja sendirii.. wkwkkk..)
Padahal meski dibantu nyawa ku serasa ditarik maju eii,, cape Pisan lhaa :D :D
#cttn : selama ini sie mama selalu kerja sendiri gak dibantu siapa2 bisa dibayangiin tenaga na mama itu sekuat apa yaa =)) seingat siskaa dolo,, kalau pulang sekolah atau kerja masuk kamar ituu pastii rapii dan wangii.. padahal pas pergi berantakan habis :D Mama gak pamriih thu bersihiin kamar kita ternyata

Masak kelaaarr... tinggal disajiken kalau mereka mau makan nantii siang :D :D
12 kurang 15 menit siang harii,, astagaaa.. siskaa baru mau mulai tugas ke5 nyucii... pertama nyucii piring yang numpuuk... kedua nyucii pakaian segudang :D
Meskii adek ku yang cewek nyuci sendiri tetap z pakaian na yang keciil kalau sudah main bola baju udah macem kain pel sajo.. dekiiiiiiilll sangat susah bener bersihiin na.. (ingat istilah mama,, kalau dicuci di sungaii pasti ikan pada mati..)
Kali ini pon aku di bantu kakak waktu jemur pakaian.. (baiik naa :D ) jadii tenagaku gak begithu terkuras lagi :D..
#cttn : kamii nyuci baju masie manual.. belum pakai mesin jadi kebayang cape na sie mama tiap hari nglakuin rutinitas ini tanpa mengeluh kayak diriku ini

Setengah 2 siang.. selesai mandi (astagaa.. mandi na koq jadi siang bngett yaa :D :D ).. habis zuhur,, manggiil kurcaci kecil buat makan siang.. tapii belom mau makan,, selidik punya selidik,, ternyata mereka tadi jajan na kebnyakan thu di sekolah..(habis berhasil ngbohongiin waktu berangkat sekolah tadi dapat duid jajan na lebih.. ckckckk).. mereka jadi asyik main game di kompi gak ingat makan,, kata na nunggu barengan papa z 

Perasaan siskaa itu baru duduk bentar,, nonton TV manjangiin kaki..
Eh tiba-tiba dedek teriakk “ayuuugggg... Hujaannn... “
Yudahh bergegas lhaa angkat pakaian..
Apalagi pakaian kemaren yang pastii dha pada kering semua :D (lagii musim dikit2 hujan,, dikit2 panas,, cuaca lagi Plin plan.. )
Maka na pakaian kmren baru kering hari ini :D
Mulai tugas ke6 melipat dan menggosok pakaian..
Sebelum itu aku masie maksa kurcaci makan siang
Udah jam 3 mereka pon nurut akhir na makan
(ehh.. padahal aku sendiri belom makan.. :D :D :D rasa nya gak pernah nafsu kalau makan masakan sendiri..)
Pada saat itu juga adek cewek ku sama papaku juga pulang
Saat mereka mau makan ku perintah ken buat yugcig
Siapiin mkan papa,, alasan ku karena siskaa sendirii lagii setrika pakaian :D
(padahl biasa na mama tetap nyiapiin papa mkan baru lanjut kerja lagi..)

Jam 5 kurang kelaar semua nyaaa,,,
aku pon kelaparan mw makaan juga =))
Pas aku mulai makaan,, astagaaaa...
Tak satu pon masakan ku yang sempurna.. wkwkwkwkkkk
Waktu itu kebetulan sie kakak lewat dan melihat ku sedang makan dan dia tertawaa :D
Yaaa secara siska sadar diri lngsung bilang “ternyataa gak ada yang enak yaa.. :D rasanya amburadul =))..”
Tapiii kakak bilang “enak koq yug,, thu buktinyaa pada habis.. papa z tadi makan na lahap ampe 2 piring.. dedek sama abang doyan banget sayur manis buatan ayug ampe habis.. cumaa itu z tempe na gak ada yg berani mkan banyak2 nantii darah tinggii... “ katanya sambil ketawa terbahak-bahak.. 
Tapii apa yg di bilng kakak siee ada bener naa,, kenyataan na mereka semua makan dengan lahap na tanpa mengeluh,, bener2 menghargai apa yang siskaa buat untuk merekaa... Apalagi sie Papa... (jadi terharu..)
#cttn : dan lagi2 ternyata.. mamaku itu ternyata koki terhebat sepanjang masa.. butuh pengalaman bertahun2 diriku ini supaya bisa menjadi seperti beliau

Ketika mau lanjut ke tugas berikut na masak makan malam,, ternyata papa bilang mau keluar ada kerjaan di luar otomatis biasa na makan diluar sama klien.. yo wes adek2 juga serempak mau makan mie instan z.. hehehee.. (trauma dengan makanan tadi siang kayak na.. wkwkwkwkk...)

Sehariian membuat badan capee pisan eii..
Rasanyaa dha mau istirahat wae :D :D
Biasa na habis isya mama ngajar dedek ngajii..
Kali ini tugas itu siska serahiin sepenuhnya ke yugcig.. wkwkwkk
# mama emang selalu ngajariin kami untuk ngajii (selaen ngaji di TPA).. guru yang hebat eii.. serba bisaa :D
Badan siskaa rasa na udah ngajak tidur.. ckckkk
Tapii gak kan bisa tidur.. selama duduk2 lihatiin dedek belajar
Sampe nemenin mereka tidur dikamar naa..
Eiittt... tapii siska na lom bisa ikutan tidur :D :D
Soal naa masie harus nunggu kakak sama papa pulang..
Nantii kalau siska tidur takut gak bangun waktu mereka minta bukain pintu.. wkwkwkk
(tidurr na siskaa lelaap sangatt ;p )
Yugcig pon dha tidur di depan TV siskaa masie usahiin mata nonton
(padahal dah cape sangaatt ;D )
#cttn : jadii ingat dolo suka nemanin mama sambil nonton TV nunggu Boss Pulang .. siskaa tidur di dekat mama :D

jam 11.45 papa pulang,,
siskaa rasanyaa mau cepat2 masuk kamar tiiiddurrrrr :D :D
tapii ternyata papa minta tolong dibuatiin kopi dolo sebelom siska tidor 
yoo wes,, selesaii kopi dibuat siskaa anter kedepan tv...
papa dhaa standbye mau nunggu nonton  bola kayak na :D (biasa na mama yg selalu nemani sie papa nonton bola juga meskii sebenarnyaa tidur d depan tv.. wkwkwkk)
waktu mau masuk kamar lagii,,, ehhhhhh... di panggil lagi
“yugsag.. besok mama pulang jam 10.. “
Rasa na seneng bngeet nie hati dengeer na =))
Akhirna aku pon bisa tiduurr dengan nyenyak =))
jam udah nunjuk in 12.20 malam.. ckckckkk
#mama juga satpam yang baik kalau nunggu seseorang pulang,, tebangun jam berapa pun saat mereka pulang :D (sie kakak klu pulng bisa jam 2 atau 3 pagii.. ngumpul sama temen2 naa...)

hari kedua..
karena hari ini liburr hari besar..
jadi para serdadu gak kemana-mana..
malah masie pada asyiik tidur meski jam dha menunjukan pukul 7 =))
jadii siskaa aman dunk,, wkwkwkkkk
dan berhubung banyak orang dirumah
kesempatan bisa beri perintah sana sini >.< (padahal mama gak pernah gini.. :D)
sie dedek,, sm abang,, siska suruh beresiin mainan merekaa sendirii,,
yugcig,, beresiin rumah... :))
naahhh... siska tinggal masak hohohooo...
tapi gak repot,, gara2 papa udah beli sayur masak ;p
tinggal masak lauk na z (buat ayam goreng... gak susah lhaaa... =)))
pas siskaa lagii masak ayam,, eehh sie papa malah nyucii pakaian :P
(papa emang kalau lagi libur suka nyucii pakaian di rumah.. dha biasaa bantuin mama )
Jam 11 mama pulang...
Rasa nyaa ngliat mama ituu kangeeeennn banget dhaa :D
Rasanya penderitaan ku seharian kemaren berakhir sudah :D

Kisah ini dha terjadii beberapa tahun lalu,,
Tapii jadii sebuah awal pendewasaan bagii siska ^_^
Ada bnyak pelajaran yang siskaa dapeet,,
(sampe betekad belajar masak =)),, sekrang dhaa hebaat lhoo ;p)
Dan makiin sayang dan menghargaii Mamaku ^__^
Kalau boleh memilih,,
Siskaa lebih suka kerja diluar rumah (kantor)..
Jadii bisa bertemu sesuatu yang baru dan banyak orang..
Tapi Pekerja Rumah tangga itu..
Mereka tiap hari dari pagi sampe malam
Melakukan aktifitas yang sama dan hanya di dalam area rumah..
Dan partner kerja naa ya itu-itu saja.. anak-anak dan suaminya..
Tidak ada hari libur,, walau dalam keadaan sakit pon,, tidak ada gaji (ibumu)
Mama siskaa kalau belanja harian,, pastii lamaa bangeet bisa sampe 2 jam
Tapi bukan karena dia bingung mau belanja dan masak apa hari ini.???
Tapii karena disaat itulah dia bisa bertemu orang luar ^_^
Ngobrool panjang dengan ibu-ibu tetangga yang lainnya..

Sobaatku,,
Para pekerja rumah tangga itu sangaat berjasa bagi kita :)
Entah itu ibumu,, saudaramu,, atau mbok” iyem atau pembantumu ^_^
Tanpa mereka.. Baju sekolahmu tak kan tampak rapi,, halaman rumah tak kan tampak cantik karena tangannya,, tak kan khusuk belajarmu bila rumah berantakan,, atau tak kan kenyang perutmu jika kau lapar....
Sebisa mungkin bantulah pekerjaan mereka dirumah..
Apa yang bisa kau kerjakan,, maka kerjakanlah sendiri..
Dan kasie satu hari libur buat merekaa,, untuk melakukan apa yang Mereka Mau..
Jangan lupa ucapkan TERIMAKASIH bila mereka telah membantu kalian
Jika itu ibu mu kau pon bisa mencium pipinya
Dan ucapkanlah kalimat “AKU SAYANG IBU”
Kaliaan tauu,, itulah yang membuat na selalu semangat ^__^

- By : Putriie Kelincii -

2 comments:

Sisca Mardelita said...

Subhanallah

Tak salah rasanya Rasulullah berkata,,,orang yg paling utama adalah Ibu (note: beliau sampai 3 kali lhooo nyebutinnya) barulah setelah itu ayah (tanpa mengurangi rasa hormat pada ayah2 qta tentunya....)

Sobat yang masih punya ibu...hormati dan sayangi beliau yaaakkk....jangan anggap remeh segala hal yang beliau kerjakan untuk qta walau kadang ga sesuai dengan apa yg qta mau

sobat yang akan jadi ibu....bercerminlah pada kisah ini,,,seorang ibu yang tak pernah mengeluh walau telah berlelah untuk orang2 tercinta....

Putrie Kelincii siskaa said...

betuull mbak ^__^

setiap jerih payah ibu,,
jangan pernah disia2kan

jangan membantah katanya
meski hanya dengan kata "ahh..."
^__^v